Pemkot Semarang Luncurkan Program SHIELD, Logo Dianggap Nyontek Marvel

Umum  
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meluncurhkan program SHIELD di kantor Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Jumat (1/4/2022).
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meluncurhkan program SHIELD di kantor Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Jumat (1/4/2022).

SEMARANG -- Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meluncurhkan program SHIELD di kantor Dinas Tata Ruang Kota Semarang, Jumat (1/4/2022). SHIELD sendiri merupakan singkatan dari Spatial Holistic Integrated Environment and Land Division yang berarti divisi integrasi holistik spasial lingkungan dan pertanahan. Melalui SHIELD, diharapkan keterbukaan informasi terintegrasi soal lingkungan dan pertanahan di Kota Semarang dapat lebih diperkuat.

Menurut dia, SHIELD penting diluncurkan sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan pembangunan di Kota Semarang. Pasalnya, SHIELD secara khusus memiliki peran dalam memberikan informasi tentang Kota Semarang dari berbagai sumber, seperti cuaca, wilayah rawan bencana, hingga sistem peringatan dini. Hal itu sesuai dengan misi ke-5 Hendi, yaitu mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan.

"Tetapi intinya adalah bagaimana kemudian kawan-kawan bisa terus memperkuat instansi panjenengan dengan kreativitas out of the box. Wes rusum PNS mlebu isuk balik sore membaca koran tidak tetapi kita dituntut untuk kita bisa membuat kota ini menjadi semakin keren dan jadi jujukan banyak orang," kata Hendrar dalam video yang dibagikan akun Twitter @humaspemkotsmg dikutip di Jakarta, Senin (4/4/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hendrar pun berpesan kepada jajarannya agar kehadiran SHIELD bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan Kota Semarang itu sendiri. "PR-nya adalah bagaimana kemudian setelah ini diresmikan kawan-kawan panjenengan ini mulai berpikir bahwa program yang njenengan jalankan ini tepat sasaran dan bermanfaat karena seringkali pembangunan dijalankan sudah tepat sasaran tapi tidak bermanfaat," ucapnya.

Hanya saja, warganet dikejutkan dengan logo SHIELD yang dianggap mencomot milik Marvel. Ada kemiripan hingga membuat ribuan warganet menggeruduk @humaspemkotsmg. "Dinas tata ruang kota. Logonya shield Marvel banget tuh. Hubungannya apa pula tata ruang sama burung itu hah? @MarvelStudios @Marvel," kata akun @F_Nusaputra mengingatkan Pemkot Semarang.

Akun @mtrshlh juga mengunggah tangkapan layar pidato wali kota Semarang tentang kreativitas, namun logo SHIELD malah mencontek milik pihak lain. "Dengan kreatif=vitas" Tapi logo nyonteq. Hypocrite much."

Hingga kini, video peluncuran logo SHIELD pun sudah ditonton 197 ribu viewers dan mendapat ribuan komentar negatif. Mereka menyayangkan mengapa Pemkot Semarang memakai Marvel untuk dijadikan logo untuk mengurus masalah pertanahan di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Mendapat komentar bertubi-tubi, akun Pemkot Semarang pun meminta Dinas Tata Ruang untuk memperbaiki logo yang sudah diresmikan tersebut. "Telah dievaluasi oleh Dinas Tata Ruang Kota Semarang sebagai yang menangani. Terima kasih Cc: @DISTARUSemarang," ucap akun @humaspemkotsmg.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Eagle flies alone...

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image