Ke Astana Giribangun, Letjen Maruli: Mewarisi Keteladanan Jenderal Besar Soeharto

Pertahanan  
Petinggi Kostrad ziarah di Astana Giribangun, makam Jenderal Besar HM Soeharto.
Petinggi Kostrad ziarah di Astana Giribangun, makam Jenderal Besar HM Soeharto.

KARANGANYAR -- Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen Maruli Simanjuntak melakukan ziarah ke makam Presiden ke-2 Republik Indonesia, Jenderal Besar (Purn) H M Soeharto di Astana Giribangun, Desa Girilayu, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (11/3/2022). Maruli mengunjungi makam bersama Inspektur Kostrad Mayjen Ilyas Alamsyah, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1/Kostrad Mayjen Deddy Kusmayadi, dan Pangdivif 2/Kostrad Mayjen Dwi Wahyu Winarto, serta Bupati Karanganyar H Juliyatmono, maupun jajaran perwira Korps Baret Hijau lainnya.

Ziarah dilakukan sebagai rangkaian dalam rangka memperingati HUT ke-61 Kostrad yang jatuh pada 6 Maret 2022. Salah satunya dengan mengunjungi makam Panglima pertama Kostrad Jenderal Besar (Purn) Soeharto. Kedatangan para petinggi Kostrad disambut pengelola Makam Astana Giribangun, kemudian pembacaan sambutan oleh Maruli. Setelah itu, pembacaan Surat Yasin, doa bersama, tabur bunga, dan diakhiri peletakkan karangan bunga.

"Acara ziarah ini kita laksanakan dalam suasana dan nuansa penuh kebersamaan dan kesederhanaan, sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa," ucap Maruli di Kabupaten Karanganyar, Jumat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam sambutannya, Marulimengucapkan terima kasih kepada pihak keluarga almarhum yang telah bersedia menerima jajaran Kostrad. Dia menekankan, tak ada kata lain selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya demi mengingat begitu besarnya jasa Almarhum Soeharto kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semasa hidupnya, terlebih kepada satuan Kostrad.

"(Ziarah ini) sekaligus sebagai upaya untuk mewarisi semangat juang, mewarisi keteladanan, menghayati tindakan patriotik, sikap kebersamaan dalam kesederhanaan, berani, tulus, dan ikhlas dari almarhum Bapak H M Soeharto dalam pengabdiannya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai," ujar mantan Pangdam IX/Udayana tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Perencanaan (Asren) Kostrad Brigjen Mochammad Luthfie Beta, Asisten Personel (Aspers) Kostrad Brigjen Agung Pambudi, Kepala Staf Divisi (Kasdivif) 2/Kostrad Brigjen Mohammad Fadjar, Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kostrad, Asren Kasdivif/2 Kostrad, Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) Mekanis Raider 6/Kostrad Kolonel Andrian Siregar, serta tamu undangan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image