Yuk Intip 5 Langkah Mudah untuk Menjadi Kaya Dalam 5 Tahun

Ekonomi  
Ilustrasi orang kaya. 5 Langkah Mudah untuk Menjadi Kaya Dalam 5 Tahun
Ilustrasi orang kaya. 5 Langkah Mudah untuk Menjadi Kaya Dalam 5 Tahun

Sering kali kita mendengar seseorang nggak mungkin bisa menjadi kaya dalam waktu cepat kecuali memiliki kebun uang di belakang rumah. Namun bila anda memperbaiki cara pandang dan membangun kekayaan sendiri itu bisa saja dilakukan.

Meski begitu jika anda ingin benar-benar meningkatkan kekayaan maka diperlukan rencana konkret dan langkah yang pasti. Anda pun wajib mengikuti langkah tersebut.

Karena memang tanpa ada rencana yang tepat anda mungkin sulit meraih kekayaan, bahkan bukan tidak mungkin anda merugi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikutip dari Yahoo Finance, berikut langkah-langkah menjadi kaya dalam waktu singkat menurut para pakar:

1. Tahu Kemana Arah Uang Anda Mengalir

Langkah pertama, dan wajib menjadi yang paling pertama adalah ketahui kemana arah uang anda selama ini mengalir. Karena ini memang langkah sukses pertama dalam financial plan.

Sebagian orang mungkin ada yang membuat bagan-bagan pengeluaran, menabung dan lain-lain namun Pendiri dan Presiden MILE Wealth Management Mark Wilson memberikan pandangan berbeda.

Alih-alih mengkategorikan pengeluaran ia justru membagi dalam empat kategori. Pertama , Owe (utang), Grow (Tumbuh), Give (Memberi) dan Live (kehidupan).

Ia mencontohkan, owe itu segala macam utang yang kita miliki, mulai dari KPR hingga pajak. Sementara tumbuh itu segala tabungan dan investasi, baik pendek maupun panjang.

Grow adalah segala macam pemberian, baiknya untuk amal. Sementara Live adalah pengeluaran apapun dalam hidup anda.

Ia pun menyarankan persentase uang yang pas adalah 25 persen Owe, 10 persen Grow, 5 persen Give dan 60 persen Live.

2. Perkuat Keuangan Anda

Satu hal yang tak perlu didiskusikan dan anda sendiri wajib sadar adalah pengetahuan akan keuangan. Hal ini amat jarang dibahas tetapi setiap orang perlu tahu cara tetap mengelola uang.

Cara tepat pertama adalah membaca buku atau ikuti kelas online. Anda juga bisa mengikuti cara-cara orang terkaya dunia untuk meraih pundi-pundi mereka.

3. Segera Lunasi Hutang

Setelah anda mengetahui kemana saja uang mengalir, langkah kedua adalah segera membayar utang-utang. Dalam banyak hal uang sering kali membebani keuangan anda dan sama sekali tidak memberi manfaat.

Seperti yang dikatakan Laurie Itkin, penasihat keuangan & manajer kekayaan di Coastwise Capital, "Orang kaya hanya meminjam uang jika ada kesempatan untuk mendapatkan lebih dari yang mereka harus bayar dari utang."

Mulailah lihat kembali utang-utang anda seperti kredit rumah, dengan cara segera lunasi bila ada uang. Kurangi berbelanja dengan kartu kredit dan tidak perlu membeli ponsel terbaru apalagi dengan cara kredit.

4. Miliki Beragam Sumber Penghasilan

Cara utama untuk menutupi pengeluaran seseorang adalah dengan mencari pekerjaan — dengan kata lain, satu sumber pendapatan. Tapi itu jarang, jika pernah, terjadi pada mereka yang mampu membangun kekayaan yang serius.

Memiliki banyak sumber pendapatan tidak hanya menaikkan batas atas jumlah yang dapat Anda peroleh, tetapi juga menghilangkan risiko bahwa Anda akan kehilangan semua pendapatan jika Anda diberhentikan.

5. Meningkatkan kategori Grow

Setelah semua tahapan dilakukan, maka satu yang paling perlu adalah tingkatkan kategori tumbuh yang berisi segala macam tabungan dan investasi. Seiring pendapatan tumbuh dari berbagai penghasilan, maka minimal masukkan setengahnya ke kategori Grow anda.

Langkah ini memiliki manfaat ganda, pertama sebagai tabungan hari tua dan kedua mengurangi pengeluaran dan kategori Live.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image