Kantor Presiden Ukraina Bantah Jokowi Terkait Pesan Zelenskyy ke Putin

Mancanegara  
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menerima kedatangan Presiden Jokowi di Istana, Maryinsky, Kyiv.

KYIV -- Kantor Presiden Ukraina mengatakan, jika Presiden Volodymyr Zelenskyy ingin mengatakan sesuatu kepada Presiden Rusia Vladimir Putin, pimpinannya pasti akan melakukannya secara terbuka. Hal itu akan dilakukan Zelenskyy dalam pidato hariannya.

"Indonesia adalah salah satu importir gandum terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kyiv," kata Sekretaris Pers untuk Kantor Presiden Ukraina Serhii Nikiforov dalam tanggapannya kepada Ukrainska Pravda dikutip di Jakarta, Ahad (3/7/2022).

Pernyataan Nikiforov itu membantah pengakuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait telah menyampaikan pesan Presiden Zelenskyy kepada Presiden Putin. Jokowi melakukan lawatan ke Ukraina dan Rusia pada pekan kemarin. Setelah itu, Jokowi mengunggah status telah menyampaikan pesan Zelenskyy kepada Putin, yang langsung direspon Kantor Presiden Ukraina.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut Nikiforov, Rusia memikul tanggung jawab penuh untuk mengganggu ekspor gandum Ukraina ke Indonesia, serta ke bagian lain dunia. "Dan Rusia akan bertanggung jawab atas krisis pangan yang bisa terjadi kecuali pelabuhan Ukraina segera diblokir. Inilah yang dibahas secara detail oleh Volodymyr Zelenskyy dengan Joko Widodo," ujarnya.

Karena itu, kata Nikiforov, pertemuan antara Presiden Zelenskyy dan Jokowi lebih banyak membahas masalah rantai pangan dunia yang terganggu akibat invasi Rusia ke Ukraina. Dengan begitu, tidak ada pesan Zelenskyy yang dititipkan ke Jokowi untuk disampaikan kepada Putin. "Adapun pesan apapun, jika presiden Ukraina ingin berbicara kepada seseorang, dia melakukannya secara terbuka, dalam pidato hariannya."

Sebelumnya, setelah pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni 2022, Jokowi mengaku telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Putin. Jokowi secara pribadi mengundang Zelenskyy untuk menghadiri KTT G20 di Bali pada November 2022.

Sebagai tanggapan, Zelenskyy mengatakan, apakah dia akan ambil bagian akan tergantung pada situasi keamanan di Ukraina dan di mana negara-negara lain diundang untuk ambil bagian dalam KTT tersebut. Adapun Putin malah menyinggung jasa Rusia dalam pembangunan Indonesia pada awal kemerdekaan ketika menjamu Jokowi di Istana Kremlin, Moskow.

Berita Terkait

Image

Selain Jokowi, tak Ada Kepala Negara yang Bisa Bawa Ibu Negara ke Rusia-Ukraina

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image