KSAL Laksamana Yudo Margono Berkunjung ke Pentagon Bahas Keamanan Global

Pertahanan  
KSAL Laksamana Yudo Margono bertemu Chief of Naval Operations AS Laksamana Mike Gilday.
KSAL Laksamana Yudo Margono bertemu Chief of Naval Operations AS Laksamana Mike Gilday.

VIRGINIA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono beserta rombongan melaksanakan kunjungan ke Markas Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS) kompleks Pentagon di Virginia, Senin (4/4/2022) waktu setempat. Yudo melakukan lawatan ke negeri Paman Sam sejak 27 Maret 2022.

Yudo pun mengunjungi sejumlah pejabat penting Angkatan Laut AS atas undangan Pentagon, di antaranya Chief of Naval Operations (KSAL) AS Laksamana Mike Gilday dan US Secretary of the Navy (US Secnav) Carlos Del Toro di Pentagon, serta mengunjungi dua kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) yang saat ini sedang mengikuti pendidikan di Unites States Naval Academy (USNA) Anapolis, Rhode Island.

Kunjungan Yudo kala bertemu Laksamana Mike Gilday di Pentagon membahas pentingnya kerja sama antara kedua negara dalam menghadapi masalah stabilitas keamanan maritim serta keamanan regional dan global. Yudo menyampaikan apresiasi kepada Laksamana Mike Gilday atas jalinan yang sudah dilaksanakan bersama. Dia berharap, ke depannya dapat meningkatkan program yang sudah berjalan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya berterima kasih dalam bidang latihan TNI AL selalu diundang dalam latihan-latihan multilateral maupun bilateral oleh US Navy, dengan harapan kedepannya selalu dapat dilibatkan dalam latihan-latihan yang menunjang profesionalisme prajurit TNI AL dan mempererat hubungan kedua belah pihak termasuk kegiatan Rimpac 2022 di Hawaii," ucap Yudo dalam siaran di Jakarta, Selasa (5/4/2022).

Laksamana Mike Gilday menyadari selama lebih dari 70 tahun, Indonesia telah menjadi mitra yang berharga. Dia menyebut, telah terjalin kemitraan strategis yang kuat antara Indonesia dan AS. "Saya berterima kasih atas sejarah panjang kolaborasi, kerja sama, dan pelatihan tersebut," ucap Mike Gilday di Pentagon.

Ungkapan terima kasih juga disampaikan US Secnav Carlos Del Toro saat menyambut kunjungan Yudo di Pentagon. Dia merasa sangat gembira dengan hubungan yang terjalin selama ini sebagai mitra strategis bidang pertahanan kemaritiman, menjadi negara yang konsisten dalam menjaga stabilitas di kawasan, serta tetap ingin melanjutkan kerjasama bidang pendidikan, latihan dan teknologi.

Carlos Del Toro menyampaikan terima kasih kepada Indonesia karena telah mengirimkan beberapa personel, utamanya perwira untuk terlibat dalam latihan dan pendidikan di AS. "Hal ini merupakan bentuk upaya kerjasama strategis pada pembinaan capacity building," ucapnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image