Sholat Tarawih Perdana dalam 88 Tahun di Hagia Sophia Diikuti Puluhan Ribu Jamaah

Mancanegara  
Shalat Tarawih perdana di Hagia Shopia yang dihadiri puluhan ribu jamaah.
Shalat Tarawih perdana di Hagia Shopia yang dihadiri puluhan ribu jamaah.

ISTANBUL -- Masjid Hagia Sofia resmi menyelenggarakan sholat Tarawih perdana pada Jumat (1/4/2022) malam waktu Istanbul. Aya Sofya, bangunan warisan Kekaisaran Byzantine pada abad keenam itu menggelar shalat Tawarih pertama dalam 88 tahun terakhir. "Puluhan ribu di Hagia Sophia: Sholat Tarawih pertama dilaksanakan setelah 88 tahun," demikian laporan akun Twitter @dailyislamist yang mengunggah video dan foto jamaah dikutip di Jakarta, Sabtu (2/4/2022).

Akun tersebut juga memperlihatkan jika jamaah sangat antusias mengikuti Tarawih perdana hingga tidak ada sedikit pun ruang kosong di Hagia Sophia. Bahkan, satu foto memperlihatkan jamaah antre untuk bisa masuk ke area Hagia Shopia. Pun di dalam, jamaah juga terus melantunkan shalawat menjelang dimulainya shalat Tarawih. "llohumma sholli 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummi wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallim," demikian lantunan shalawat terus berkumandang.

Bahkan pengelola Hagia Sophia juga memasang lampu bertulisan 'Lailaheillallah' yang ditempatkan di antara dua menara. "Masjid di Istanbul sedang dihiasi dengan Mahya untuk bulan Ramadhan dan Masjid Agung Aya Sofya siap untuk mengadakan Tarawih pertama Ramadhan ini setelah 88 tahun, insya Allah," demikian keterangan akun @ZaaraSana.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejarah Hagia Sophia bermula setelah Konstantinopel yang sekarang berubah nama menjadi Istanbul ditaklukkan oleh pasukan Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih pada 1453. Gereja untuk jemaat Kristen Ortodoks pun diubah peruntukkannya menjadi masjid lantaran perintah Sultan Mehmed II.

Setelah Kesultanan Utsmani atau Kekaisaran Ottoman runtuh pada 1 November 1922, penguasa Turki Mustafa Kemal menjadikan negaranya sekuler. Presiden pertama Turki itu pun memerintahkan penutupan Hagia Sophia pada 1931. Fungsi Hagia Sophia yang dibuka pada 1935 diubah menjadi museum, lantaran pemerintah alergi dengan agama.

Pada era Presiden Recep Tayyip Erdogan, pengadilan memutuskan Aya Sofya dikonversi peruntukkannya menjadi masjid pada 10 Juli 2020. Sebagai tanda dibuka kembali untuk tempat ibadah Muslim, ditandai dengan sholat Jumat perdana yang dihadiri puluhan ribu jamaah hingga meluber ke jalan.

Hanya saja, Hagia Sophia belum menggelar sholat Tawarih pada 2021 lantaran situasi pandemi Covid-19 belum reda. Baru pada tahun ini, masjid bersejarah ini bisa mengadakan shalat Tarawih yang dipadati jamaah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Eagle flies alone...

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image