Bertemu Prabowo, Dubes Turki untuk Indonesia Kagum dengan Laksamana Keumalahayati

Nasional  
Dubes Turki untuk Indonesia Àşkın Asan.
Dubes Turki untuk Indonesia Àşkın Asan.

JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto Djojohadikusumo menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) Turki untuk Indonesia Àşkın Asan beserta delegasi di kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta Pusat, Jumat (1/4/2022). Dalam pertemuan tersebut dibicarakan peningkatan kerja sama industri pertahanan kedua negara yang telah terjalin, dengan produksi bersama peralatan pertahanan dari kedua negara.

Prabowo menyampaikan harapan aga kerja sama industri pertahanan kedua negara dapat ditingkatkan termasuk kerja sama lainnya, seperti bidang elektronik, informasi teknologi (IT), penerbangan, kapal perang, dan propelan. Saat ini, Indonesia dan Turki dalam proses finalisasi defense cooperation agreement (DCA), yang memasuki tahap akhir pembahasan, sebagai payung hukum kerja sama pertahanan yang lebih luas.

Sementara itu, Dubes Askin merasa sangat senang dijamu di kantor Prabowo. Dia mengaku, menggelar diskusi yang bermanfaat tentang bidang kerja sama antara Turki dan Indonesia. Dia pun mengucapkan berterima kasih atas keramahan dan sambutan hangat yang diberikan Prabowo.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tidak hanya itu, Askin juga menyampaikan rasa kekagumannya ketika mengetahui tentang sejarah laksamana perempuan dari Aceh yang memimpin perlawanan kepada penjajah Belanda. Apalagi, pada masa abad ke-16, Kesultanan Aceh sudah menjalin kerja sama dengan Kekaisaran Ottoman. Karena itu, Askin tidak menyia-nyiakan untuk berfoto dengan latar belakang lukisan Laksamana Keumalahayati.

"Seru sekali melihat lukisan Laksamana Malahayati di dinding Kementerian Pertahanan. Keumalahayati, seorang pahlawan nasional, lahir pada abad ke-16. Dia adalah laksamana wanita pertama yang tinggal di Aceh pada paruh terakhir abad ini. Yang terhormat @prabowo. Terima kasih telah membuat para pahlawan perempuan terlihat," ucap Askin dikutip dari akun Twitter, @askinasan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image