Montalinu Jadi Alternatif Obati Penyakit Nyeri Sendi

Umum  
Obat untuk mengatasi penyakit nyeri (ilustrasi).
Obat untuk mengatasi penyakit nyeri (ilustrasi).

JAKARTA -- Seiring bertambahnya usia, aktivitas yang semakin padat dapat membuat kekuatan tulang serta sendi seseorang bisa menurun. Akibatnya timbul beberapa gangguan yang mengganggu aktivitas, salah satunya nyeri sendi.

Nyeri sendi merupakan hal yang umum dialami oleh seseorang, apalagi jika sudah lanjut usia. Nyeri bisa terjadi pada saat sendi sedang bergerak. Penderita akan mengalami rasa tidak nyaman, sakit hingga mengalami peradangan pada bagian sendi.

Terdapat berbagai faktor penyebab dari nyeri sendi. Di antaranya, bertambah usianya, kebiasaan merokok, pernah mengalami cedera, dan kelebihan berat badan atau obesitas. Upaya menangani nyeri sendi pun bisa beragam, mulai mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin dan mengonsumsi obat antinyeri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Salah satu alternatif mengobati nyeri sendi lainnya dengan pengobatan herbal. Tanaman dengan nama latin Andrographis paniculata dapat menjadi pengganti obat antinyeri. Tanaman obat ini dikenal sebagai antiradang dan penghilang nyeri atau analgetik. Umumnya, seseorang mengonsumsi air rebusan daun sambiloto dan langsung diminum.

Namun, tanaman obat satu ini akan terasa pahit jika dikonsumsi langsung. Maka hadir berbagai macam produk yang mengandung tanaman herbal satu ini. Mulai dari produk jamu, teh herbal, dan suplemen. Montalinu hadir sebagai kapsul obat herbal dengan kandungan bahan-bahan alami. salah satunya adalah ekststrak daun sambiloto.

Manfaat Montalinu membantu meredakan pegal linu dan nyeri sendri. Maka, daun sambiloto yang menjadi salah satu bahan yang mempunyai kandungan senyawa terpenoid dan flavonoid. Dua Senyawa ini mempunyai fungsi sebagai anti radang untuk daerah sendi.

Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa sambiloto mengandung ektra metanol yang dapat menurunkan produksi nitric oxide (NO). Senyawa NO merupakan senyawa yang menyebabkan terjadnya proses peradangan.

Nyeri sendi juga bisa menjadi tanda-tanda dari asam urat. Hal ini terjadi ketika bakteri memasuki pembuluh darah yang dapat menimbulkan nyeri atau peradangan, serta pembengkakan pada area persendian. Keadaan ini ada kaitannya dengan peningkatan asam urat dalam tubuh (Hiperurisemia). Montalinu yang mempunyai ekstra flavonoid dalam daun sambiloto membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.

Menurut apoteker CV Bumi Wijaya selaku produsen Montalinu, Defit Andriyanto S.Faarm, Apt, menjelaskan satu kapsul Montalinu mengandung ekstrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan bahan-bahan herbal lainnya seperti kunyit, temulawak, dan serai. Ekstrak dari sambiloto menjadi salah satu bahan dari produk Montalinu yang bermanfaat untuk meredakan nyeri dan menurunkan kadar gula serta tekanan darah agar tetap stabil.

"Montalinu mengandung bahan-bahan herbal, tanpa bahan kimia sekalipun. Dengan dosis yang sesuai, cara kerja montalinu dapat melebarkan pembuluh darah. Sehingga memperlancar aliran darah dan mengurangi nyeri sendi akibat asam urat," tuturnya, Rabu (29/3/2022).

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image