DPP KNPI Gelar Kongres Pemuda XVI di Maluku Utara pada 15-22 Mei 2022

Umum  
Ketum DPP KNPI Haris Pertama.
Ketum DPP KNPI Haris Pertama.

JAKARTA -- Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) direncanakan menggelar Kongres Pemuda XVI di Provinsi Maluku Utara pada 15-22 Mei 2022. Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama mengatakan, pelaksanaan kongres tersebut sejalan dengan hasil rapat pimpinan paripurna nasiona (rapimpurnas) yang dilaksanakan sebelumnya.

Sebagaimana amanat konstitusi atau anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) KNPI, yang berhak menyelenggarakan kongres hanyalah KNPI di bawah pimpinan Haris, sebagai mandataris kongres. Hal itu lantaran ia terpilih secara sah dalam Kongres KNPI Ke-XV di Bogor pada 2018

"Kita akan mengadakan Kongres Pemuda/KNPI XVI di Maluku Utara. Kongres ini sesuai dalam konstitusi KNPI. Oleh karena itu, jika ada yang mengatasnamakan KNPI-KNPI yang lain tidak berhak dan tidak sah," ujar Haris di Jakarta, Senin (21/3/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) tersebut menuturkan, sejumlah kepala daerah mendukung penuh ajang pesta demokrasi pemuda terbesar di Indonesia tersebut. "Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menegaskan dukungannya untuk kongres. Selain itu, Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub, Bupati Morotai Benny Laos, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, Wali Kota Ternate Tauhid Soleman, Bupati Kepulauan Sulu Fifian Adeningsi, dan lain sebagainya," ucap Haris.

Selain itu, kata Haris, organisasi kepemudaan (OKP) di bawah KNPI juga akan datang dan memberikan dukungannya demi suksesnya gelaran tersebut. "Kongres Pemuda XVI di Maluku Utara juga akan dihadiri seluruh mantan Ketua Umum DPP KNPI, seperti Bang Akbar Tanjung, Bang Adhyaksa Dault, Bang Idrus Marham, dan lain sebagainya," ucap Haris.

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba pun memberi rekomendasi dukungan pelaksaan Kongresng KNPI 2022. Dalam suratanya, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan segenap jajaran memandan penting pelaksanaan kegiatan kongres. "Untuk itu kami memberikan dukungan, siap berkoordinasi dan menyukseskan pelaksanaan Kongres KNPI di Maluku Utara yang akan dilaksanakan pada 15-22 Mei," kata Abdul Gani dalam suratnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image