Sukses Gelar IPU ke-144, Sekjen Martin Sebut Puan Simbol Kepemimpin Dunia

Nasional  
Penaman pohon di halaman BICC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.
Penaman pohon di halaman BICC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

BADUNG -- DPR menggelar 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meetings di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada 20-24 Maret 2022. DPR selaku tuan rumah mendapatkan apresiasi dari pimpinan forum parlemen dunia tersebut. Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong mengatakan, forum IPU kali ini sekaligus untuk merayakan kepemimpinan perempuan pada Hari Perempuan Internasional.

"Kepemimpinan Puan Maharani di penyelanggaraan IPU sekarang menjadi simbol kepemimpinan dunia," ucap Martin dalam konferensi pers bersama Puan dan Presiden IPU Duarte Pacheco di lokasi perhelatan IPU ke-144, Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Sabtu (19/3/2022).

Martin menyampaikan, pentingnya peran perempuan dalam pembangunan dunia, termasuk melalui parlemen. "Semoga jumlah perempuan di parlemen Indonesia terus meningkat," tuturnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sehari menjelang pembukaan IPU ke-44, Puan bersama Presiden IPU Duarte Pacheco dan Sekjen IPU Martin Chungong menyempatkan menanam pohon kelengkeng (Dimocarpus longan) bersama di halaman BICC Nusa Dua. Penanaman pohon itu merupakan wujud komitmen IPU terhadap penanggulangan dampak perubahan iklim sesuai dengan tema yang dalam IPU ke-144 yaitu 'Getting to Zero: Mobilizing Parliament to Act on Climate Change'.

"Kami menanam pohon ini mencerminkan nilai-nilai yang menjadi dasar terselenggaranya sidang ini," ucap Pacheco. Dia menerangkan, setiap delegasi wajib menanam satu pohon di Bali selama penyelenggaraan sidang IPU ke-144. Langkah itu merupakan perwujudan dari nilai-nilai yang diyakini seluruh delegasi IPU terhadap penanggulangan perubahan iklim.

Dalam kesempatan itu, Pacheco juga memuji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah IPU ke-144. "Ini tecermin dari persiapan protokol kesehatan yang ketat, keramahtamahan seluruh panitia dan petugas, serta kepedulian masyarakat Bali dalam menyambut berlangsungnya IPU ke-144," ujar Pacheco.

Mendapat apresiasi dari Presiden IPU, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, hal tersebut merupakan akumulasi dari kerja bersama yang didasarkan pada nilai-nilai gotong royong sebagai bagian dari budaya bangsa Indonesia. Dia berharap, penilaian positif dari pimpinan IPU tak hanya menjadi penyemangat untuk Indonesia sebagai tuan rumah.

"Tetapi juga menjadi awal kebangkitan ekonomi dan pemulihan pariwisata Tanah Air yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19," kata ketua DPR perempuan pertama ini.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image