Kepemilikan PT Solic Kreasi Baru di Emiten ABBA Terus Bertambah

Bursa  

JAKARTA -- PT Solic Kreasi Baru (SKB) terus menambah muatan emiten ABBA. Terbaru, SKB membeli 167.146.422 saham (3,17 persen) milik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ini pada transaksi Selasa (8/2/2022). Dikutip dari laporan InsiderNews Stockbit, Kamis (10/3/2022), SKB kini memiliki 19,74 persen saham PT Mahaka Media Tbk.

Adapun porsi kepemilikan Beyond Media berkurang 2,82 persen dari 43,29 persen menjadi tinggal 40,47 persen setelah aksi korporasi right issue dilakukan pada Februari 2022. Meski begitu, Beyond Media tetap menjadi pemilik saham mayoritas ABBA.

Dalam laporannya ke Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah pemegang saham ABBA terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Pada 28 Februari 2022, terdapat tambahan 2.693 investor dibandingkan bulan sebelumnya. Sehingga total ada 11.907 pemegang saham emiten yang bergerak di bidang media tersebut. Padahal, dalam laporan pada 31 Desember 2021, jumlah investor ABBA masih di angka 9.295 orang.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelumnya, dilaporkan jika SKB adalah perseroan terbatas yang bergerak di bidang teknologi informasi dan perdagangan. Susunan pemegang saham perseroan merupakan kumpulan dari eksekutif yang berada di bawah naungan Grup Kresna, yang merupakan integrator bisnis digital dengan bidang teknologi dan digital.

Kepemilikan saham SKB dibagi rata dengan masing-masing menggenggam sepertiga bagian. Hartono Franscesco yang merupakan pendiri dan CEO perusahaan logistik SiCepat Ekspres. Dua pemegang saham lainnya merupakan Managing Director PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN) Suryandy Jahja dan Direktur Utama MCAS Martin Suharlie yang merangkap direktur SKB. Kemudian, komisaris SKB ditempat oleh Abraham Theofilus yang merupakan CEO NFCX.

KREN merupakan pengendali dari MCAS, yang juga pengendali dari NFCX. Adapun NFCX adalah pengendali emiten teknologi PT Digital Mediatama Maxima (DMMX), yang sebagian sahamnya dimiliki SiCepat Ekspres.

Berita Terkait

Image

ABBA dan MARI Kompak Naik Dua Digit pada Perdagangan Jumat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image