Masyarakat Indonesia Ikut 'Demam' Pidato Vladimir Putin, Uraa...

Umum  
Presiden Rusia Vladimir Putin.
Presiden Rusia Vladimir Putin.

JAKARTA -- Pidato Presiden Rusia Vladimir Putin di Lapangan Merah, Moskow di depan ribuan prajurit militer Rusia, belakangan ini mendadak viral di berbagai kanal media sosial (medsos). Baik di Tiktok maupun Twitter, pidato Putin mendapat banyak simpati dari masyarakat Indonesia. Pemilik akun rata-rata kagum dengan sosok Putin. Apalagi, setiap selesai pidato, Putin selalu meneriakkan kata 'uraa', yang terus secara serempak diikuti parade militer.

Kata 'uraa' semakin akrab di telinga masyarakat Indonesia setelah muncul pidato Putin dinarasikan siap mengirim sniper untuk menembak penimbun minyak goreng. Pidato Putin diakhiri dengan 'uraa' yang diubah menjadi 'murah', hingga hal itu membuat masyarakat Indonesia tertawa terpingkal-pingkal dengan video dengan narasi tersebut.

Uraa adalah kata penyemangat yang selalu diucapkan Putin di hadapan ribuan pasukan negeri Beruang Merah. Dalam bahasa Rusia, uraa seperti kata 'hore' di Indonesia. Hal itu bertujuan untuk membangkitkan adrenalin prajurit dan siap membela negaranya dari ancaman yang muncul, baik dalam maupun luar negeri. Berbagai cuplikan video Putin mengucapkan 'uraa' ternyata seolah mantra yang menghipnotis masyarakat Indonesia. Hal itu, khususnya terlihat di lini masa Twitter.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Akun @krismandyaaw1, misalnya yang bercerita jika ayahnya sempat teriak-teriak 'uraa'. Usut punya usut, ia mendapati ayahnya ternyata baru saja melihat video pidato Putin. "Papah di rumah sering bilang "uraa uraa uraa", kirain kenapa. Eh ga taunya lagi demam Putin wkwkwkwk uraaaa....," kata akun dengan nama Eleanor Rigby dikutip di Jakarta, Selasa (8/3/2022).

Akun @EnggalPamukty malah memparodikan kata 'uraa' menjadi penanda Indonesia sekarang sudah di bawah cengkeraman Rusia. "Indonesia sebenarnya di bawah pengaruh Moskow: 1. Ura mikir copras capres 2. Ura urus migor 3. Ura popo ngutang," kata akun Enggal.

Akun @Armayadi juga turut berkomentar agar Putin meneriakkan kata 'uraa' untuk mereka yang menginginkan agar periode jabatan presiden RI ditambah. "Uraa, tolong Om Putin hancak juga yang pingin pemilu ditunda," kata akun Armayadi.

Akun @FitriaNSari5 juga membagikan video pidato Putin yang narasinya diganti dengan bahasa Sunda. "Ternyata Om Putin urang Sunda ogeh. Uraa, urang," katanya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image