Panglima TNI Mutasi Mayjen Dwi Jati Utomo Bertugas di PT Pertamina

Pertahanan  
Mayjen Dwi Jati Utomo ditugaskan di PT Pertamina.
Mayjen Dwi Jati Utomo ditugaskan di PT Pertamina.

JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jenderal Andika Perkasa menggelar mutasi dan promosi jabatan perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Rotasi jabatan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/179/II/2022 yang ditandatangani di Jakarta pada 25 Februari tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Dari 100 pati yang dimutasi, TNI AD memang paling dominan dan diikuti TNI AL dan AU.

Di antara mutasi yang menarik adalah Perwira Staf Ahli (Sahli) Tingkat III KSAD Bidang Politik Keamanan Nasional (Polkamnas) Mayjen Dwi Jati Utomo yang digeser ke luar struktur TNI. "Penugasan di PT Pertamina," demikian salinan keputusan yang dibuat Andika dikutip di Jakarta, Selasa (1/3/2022). Dwi adalah abiturien Akademi Militer (Akmil) 1987 yang merupakan teman seangkatan Andika. Dia pernah menjadi Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed) dan menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi.

Adapun jabatan Perwira Sahli Tingkat III KSAD Bidang Polkamnas akan diserahkan kepada Mayjen Mohammad Munib, yang sebelumnya mengemban Kepala Pusat Zeni Angkatan Darat (Kapusziad). Sementara Inspektur Kodam (Irdam) IV/Diponegoro Brigjen Aby Ismawan dipromosikan menjadi Kapusziad dan akan meraih pangkat bintang dua.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari mutasi kali ini, terdapat sekitar 27 pati yang akan memasuki masa purnatugas. Di antaranya, Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan (Irjen Kemenhan) Letjen Ida Bagus Purwalaksana, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Pertahanan (Unhan) Mayjen Aribowo Teguh Santoso, Wakil Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Wairjenad) Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, Asisten Personel (Aspers) KSAD Mayjen Wawan Ruswandi, hingga Kepala Biro Perencanaan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Marsma Heraldy Dumex Dharma.

Khusus untuk jabatan bintang tiga di Kemenhan, Andika belum menunjuk pengganti Letjen Ida Bagus. Biasanya hal itu menunggu keputusan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Mutasi lain menimpa Kasdam III/Siliwangi Brigjen Darmono Susastro promosi menjadi Aspers KSAD. Posisi Kasdam Siliwangi akan ditempati Brigjen Dian Sundiana, yang sebelumnya mengemban Inspektur Divisi Infanteri (Divif) III/Kostrad.

Berita Terkait

Image

Jenderal Andika Pimpin Sertijab Kepala Bais TNI dan Lima Jabatan Strategis

Image

Direktur Pertahanan dan Dubes Siber Inggris Bertemu Prabowo dan Andika

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image