Pesan Sejuk Ustaz Adi Hidayat Terkait Kontroversi Pengaturan Toa

Umum  
Ustaz Adi Hidayat (UAH).
Ustaz Adi Hidayat (UAH).

JAKARTA -- Ustaz Adi Hidayat (UAH) turut mengomentari masalah kontroversi kebijakan pengaturan toa di masjid dan mushola yang membuat gaduh masyarakat. Hal itu terjadi setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengibaratkan pengaturan toa untuk adzan dengan gonggongan anjing secara bersamaaan.

"Kepada pejabat publik saya minta agar dapat membuat kebijakan-kebijakan yang substansial, yang esensial, yang tepat guna, yang memang dibutuhkan di masyarakat dalam konteks bersinergi untuk mengentaskan berbagai persoalan yang dimaksudkan," kata UAH dikutip dari channel Youtube resmi di Jakarta, Ahad (2/2/2022).

Dia berpesan agar persoalan kecil yang tidak membutuhkan perhatian pejabat selevel menteri, sebaiknya masalah itu diserahkan kepada pejabat tingkat pejabat daerah atau di lingkungan terkait. Jangan sampai seorang menteri mengurusi masalah yang terbilang urusan tidak mendesak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Apalagi bila yang dimaksudkan adalah kasus-kasus yang sifatnya domestik, kecil, dan tidak harus menarik perhatian sehingga menjadi kebijakan nasional," ucap alumnus Kulliyyah Dakwah Islamiyyah Tripoli, Libya tersebut.

UAH juga meminta agar pejabat publik bisa memperbaiki narasi dan komunikasi yang ditampilkan kepada masyarakat untuk jangan sampai menghadirkan kata atau kalimat yang justru kontraproduktif. Dia ingin agar pejabat dalam berbicara bisa sesuai dengan misi yang sedang dibangun.

"Bagaimana mungkin toleransi bisa ditampilkan, mesti dikampanyekan, namun pada saat yang sama kalimat yang ditampilkan, ilustrasi yang dihadirkan justru bukan sekadar kontraproduktif, tapi berpotensi menyakiti pada bagian-bagian unsur tertentu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar UAH yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, Garut.

"Rasanya tidak pantas bila persoalan toa harus diilustrasikan dengan binatang tertentu atau hal-hal lain, yang tidak sejalan dan senapas, bahkan tidak sampai pada logika pun persoalan lainnya. Kita tidak perlu saling menghujat dan mencela tidak perlu saling menyalahkan, kita hanya perlu saling mengoreksi diri kita bertanya apakah masih mencintai negeri ini," kata UAH menambahkan.

Terakhir, UAH juga berpesan kepada mereka yang cinta Indonesia agar bisa membuktikannya dalam perbuatan. Menurut dia, cinta NKRI maupun negeri ini tidak cukup hanya diteriakkan, namun harus diwujudkan dalam tindakan. "Apakah masih mencitai bangsa ini bila memang Anda mengatakan saya Pancasila, saya NKRI, saya mencitainya, maka cinta tak dibuktikan dengan kata-kata, cinta dibuktikan dengan tindakan, demi persatuan sikap perilaku yang mulai dalam tindakan," ujarnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image