KSAU Berpesan Koopsudnas Kendalikan Operasi Udara dan Atur Penerbangan

Pertahanan  
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengunjungi Markas Komando Operasi Udara Nasional (Makoopsudnas), Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022). Fadjar didampingi oleh Asrena KSAU Marsda Poerwoko Aji dan Wakil Asops KSAU Marsma Fakhrizet.

Fadjar disambut Panglima Koopsudnas Marsdya Andyawan Martono, dan bertemu dengan pejabat utama Koopsudnas guna membahas tetang alih komando dan pengendalian (kodal) dari Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau) kepada Koopsudnas. Hal itu sebagai imbas Koopsdunas yang sebelumnya berada di bawah Mabes TNI Cilangkap kini diserahkan ke Mabesau.

"Saat ini sudah terbentuk Koopsudnas sebagai kendali operasi udara rutin dan pengaturan udara penerbangan. Sehingga Koopsudnas memiliki kewenangan jaringan komando hingga satuan paling bawah, yakni Skadron Udara," ucap Fajdar dalam siaran pers.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fadjar menjelaskan, pelaksaan latihan operasi di tingkat komando utama (kotama) dapat dilaksanakan dengan model operasi yang berbeda. Karena itu, Koopsudnas yang membawa tiga Koopsud harus selalu siap dengan berbagai operasi.

"Sebagai contoh, Koopsud I melaksanakan latihan operasi udara, Koopsud II melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam, Koopsud III seperti latihan menanggulangi acaman dari berbagai sektor," ucap Fadjar.

Hadir pula dalam pertemuan itu, Pangkoopsud I Marsda Tedi Rizalihadi S, Komandan Komando Sektor IKN Marsma Setiawan, dan para pejabat utama Koopsudnas. Acara yang dilaksanakan dengan tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19, diakhiri dengan sesi dialog.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image