Mayjen Heri Wiranto Jadi Deputi Kemenko Polhukam, Mayjen Yudhy Chandra Jaya Jabat Danpussenarmed

Pertahanan  
Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, Mayjen Heri Wiranto.
Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, Mayjen Heri Wiranto.

JAKARTA -- Roda mutasi dan promosi di lingkungan Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) kembali bergulir. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengganti posisi 113 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra. Di antara yang dimutasi adalah Mayjen Heri Wiranto dari Perwira Staf Ahli Tingkat III KSAD Bidang Kesejahteraan Personel promosi sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam.

Heri menggantikan Mayjen Hilman Hadi yang diangkat menjadi Pangdam II/Sriwijaya. Adapun Pangdam Sriwijaya yang lama Mayjen Agus Suhardi digeser sebagai Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI.

Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unhan Mayjen Yudhy Chandra Jaya juga promosi sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Danpussenarmed). Yudhy menggantikan Mayjen Totok Imam Santosa yang diangkat sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin, menggantikan Mayjen Andi Muhammad yang memasuki masa purnatugas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pergantian juga menyasar Pangdam XVII/Cenderawasih dari Mayjen Teguh Muji Angkasa kepada Mayjen M Saleh Mustafa. Saleh sekarang menjabat Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) II. Khusus untuk Teguh yang pernah menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, ia mendapat promosi sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad). Dia pun akan berpangkat Letjen di jabatan barunya.

Sementara Danpusterad yang lama, yaitu Letjen Teguh Arief Indratmoko dipindahkan menjadi Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI menggantikan Letjen Bakti Agus Fadjari, yang bakal pensiun.

"Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/700/VII/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI," demikian surat mutasi yang dibuat Jenderal Andika dan ditandatangani Kepala Sekretaris Umum (Kasetum) TNI Brigjen Rochmatullah pada 29 Juli 2022 dikutip di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Pergeseran jabatan juga menimpa Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) dari Brigjen Tatang Subarna yang digantikan Kolonel Hamim Tohari. Tatang dimutasi sebagai Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 064/Maulana Yusuf di Serang, Provinsi Banten, menggantikan Brigjen Yunianto.

Adapun Kolonel Hamim sebelumnya menjabat Sekretaris Dispenad. Dengan posisi Kadispenad, abiturien Akademi Militer (Akmil) 1994 tersebut mendapatkan kenaikan pangkat bintang satu.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image