Deretan Ulama Besar Hadir di Akad Nikah Putri Anies, Mulai Quraish Shihab Sampai UAH

Umum  
Deretan ulama yang hadir di prosesi ijab kabul pernikahan putri Anies Baswedan.
Deretan ulama yang hadir di prosesi ijab kabul pernikahan putri Anies Baswedan.

JAKARTA -- Resepsi pernikahan putri Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan Ali Saleh Alhuraebi berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (29/7) malam WIB. Namun, ada yang luput dari sorotan media, yaitu ketika proses ijab kabul pernikahan di lakukan di lokasi yang sama pada siang hari WIB.

Gubernur Anies menunjuk Ustadz Salim A Fillah untuk mengisi tausiyah pernikahan. Penulis buku Sang Pangeran dan Janissary Terakhir ini memberi pesan tentang Allah, Rasulullah, orang tua, pasangan, anak-anak, hingga masalah bangsa dan negara.

Salah satu poin yang disinggung Ustadz Salim adalah betapa hebatnya Ratu Ayu binti Sunan Gunung Jati dan Ratu Mas binti Raden Patah mendampingi suami mereka. Pertama Pangeran Sabrang Lor Fathi Yunus yang menggempur Portugis di Malaka dan yang kedua Fatahillah yang menghadang kekuatan imperalis itu di Sunda Kelapa, hingga lahirlah Jayakarta.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurut dia, di Jayakarta inilah 'Atas Berkat Rahmat Allah' dan dengan didorongkan keinginan luhur, kemerdekaan Indonesia digaungkan. "Negara dari sejarah Jakarta (sebakda Allah, Rasulullah, orang tua, pasangan, dan anak), dalam pernikahan Mutiara Anisa binti @aniesbaswedan dan @AliHuraiby," kata Ustad Salim melalui akun Twitter, @salimafillah dikutip di Jakarta, Sabtu (30/7/2022).

Ustadz Salim merasa tidak enak mengisi tausiyah di acara tersebut. Pasalnya, banyak ulama dan habib yang lebih berpengalaman dibandingkan dengannya. Dia pun menyinggung ada ahli tafsir Alquran Quraish Shihab, eks Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zein bin Umar bin Smith, pengurus MUI Habib Nabiel Almusawa, Ustadz Adi Hidayat (UAH), dan tokoh NU KH Syukron Makmun selaku pembaca doa.

"Masyaallaah; sebenarnya tak sanggup dan tak pantas rasanya diminta menyampaikan nasehat pernikahan ini. Terlebih di hadapan para Habaib dan Kiai," kata Ustadz Salim merendah. Adapun Ustadz Nashir Mansur ditunjuk untuk mengisi khotbah nikah dalam prosesi akad nikah dan juara 1 MTQ nasional Ustazd Fauzy Ridwan membaca lantunan shalawat dan ayat suci Alquran yang mengiringi proses ijab kabul.

Dia pun mendoakan proses pernikahan berjalan lancar. Dia berpesan, pasangan tersebut mendapat anugerah dari Allah danserta menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan penuh rahmah. "Selamat dan doa berkah kepada Shahibul Hajat Pak Gubernur @aniesbaswedan dan Ibu @feryfarhati; jazaakumallaahu khayran atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dan ampun beribu maaf jika banyak hal yang kurang berkenan dalam taushiyah pernikahan Mutiara dan @AliHuraiby ini," kata ustadz Salim.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image