Menanti Penutupan Stasiun Karet Usai Stasiun BNI City Melayani KRL Commuter Line

Umum  
Stasiun BNI City akan melayani KRL Commuter Line.
Stasiun BNI City akan melayani KRL Commuter Line.

JAKARTA -- Kabar pengoperasian Stasiun BNI City untuk melayani KRL Commuter Line semakin kencang. Meski PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) belum bersuara secara resmi, namun di lapangan persiapan sudah dilakukan. Pemasangan mesin tap in dan tap out untuk penumpang sudah terpasang di Stasiun BNI City yang berlokasi di samping Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat (Jakpus), yang belakangan ini menjadi lokasi Citayam Fashion Week.

Pun tanda (sign) pemberhentian KRL Commuter Line juga sudah terpasang di Stasiun Sudirman Baru, nama asli stasiun yang dibangun khusus untuk melayani penumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta tersebut.

Konsekuensi alih fungsi Stasiun BNI City sebagai tempat naik turunnya penumpang KRL Commuter Line memaksa Stasiun Karet, Kecamatan Tanah Abang, Jakpus harus nonaktif. Lokasi stasiun yang berjarak hanya 200 meter membuat laju KRL Commuter Line tidak efektif jika harus melayani dua pemberhentian dalam jarak sangat dekat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apalagi, Stasiun Karet memiliki lahan sempit tidak bisa dikembangkan lagi. Stasiun Karet tidak mampu melayani stamformasi KRL 12 rangkaian alias mentok 10 rangkaian.

Jika nanti Stasiun Karet ditutup maka Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun infrastruktur untuk menyambungkan akses masuk dari Stasiun Karet menuju Stasiun BNI City. Satu lagi, jalan bawah yang merupakan perlintasan sebidang di samping Stasiun Karet akan ditutup. Semua kendaraan akan melintasi flyover (lintas atas) Karet, seperti yang diberlakukan di Stasiun Tebet.

Direktur Prasarana Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub, Harno Trimadi menerangkan, ada beberapa rencana penyatuan Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City. Hal itu disampaikan saat menggelar forum group discussion dengan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) dan Dinas Perhubungan Daerah Khusus Ibu Kota (Dishub DKI) Jakarta pada Rabu (29/6/2022).

"Rencananya, Stasiun BNI City akan mendapat perpanjangan, sementara Stasiun Karet akan tutup. Dengan begitu, penumpang yang akan menuju ke Jalan KH Mas Mansyur dapat turun di Stasiun BNI City dan berjalan pada akses pejalan kaki ke arah wilayah yang nantinya akan menjadi 'bekas' Stasiun KAI Karet," kata Harno dikutip dari redigest.web.id di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Adapun operasional Stasiun Sudirman akan diubah peruntukannya menjadi lokasi TOD yang tersambung dengan Stasiun LRT Dukuh Atas. Saat ini, pembangunan jembatan penyeberangan multiguna (JPM) yang mencapai 250 meter sedang dalam penyelesaian. Dengan begitu, kawasan Dukuh Atas nantinya bisa saling tersambung antartransportasi, seperti bus Transjakarta, KRL Commuter Line, MRT Jakarta, Kereta Bandara, dan LRT Jabodebek.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image