Pangkat Pilot T-50i Golden Eagle yang Jatuh Dinaikkan Jadi Kapten Anumerta Allan Safitra

Nasional  
Menhan Prabowo Subianto menemui istri dan keluarga Kapten Anumerta Allan Safitra Indra Wahyudi di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (20/7/2022) malam WIB.
Menhan Prabowo Subianto menemui istri dan keluarga Kapten Anumerta Allan Safitra Indra Wahyudi di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (20/7/2022) malam WIB.

JAKARTA -- Pilot pesawat temput latih T-50i Golden Eagle, Lettu Pnb Allan Safitra Indra Wahyudi, yang jatuh di area perbukitan dan hutan di Desa Nginggil, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng), dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Almarhum pun menyandang Kapten Anumerta Alan Safitra Indra Wahyudi.

Lettu Alan merupakan pilot di Skadron Udara (Skadud) 15 Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim). Dia mengalami kecelakaan dan jatuh saat menjalani latihan terbang malam pada Senin (18/7/2022). Pesawat bernomor ekor TT-5009 yang diterbangkannya lakukan kontak radio terakhir pada pukul 19.25 WIB, kemudian dilaporkan jatuh.

"Markas Besar TNI, melalui Staf Personel TNI AU, telah menaikan pangkat setingkat lebih tinggi kepada penerbang pesawat T-50i Golden Eagle Lettu Pnb Alan Safitra Indra Wahyudi, S.T. (Han) yang gugur dalam tugas," demikian rilis Dispenau dikutip di Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Lettu Pnb Allan Syafitra, dinaikkan pangkatnya menjadi Kapten Pnb (Anm), berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/661/VII/2022 tanggal 19 Juli 2022. Kenaikan pangkat diberikan sebagai bentuk penghargaan TNI atas pengabdian dan dedikasinya dalam pelaksanaan tugas," begitu keterangan Dispenau.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma Indan Gilang Buldansyah menjelaskan, Allan merupakan perwira penerbang lulusan AAU tahun 2015 dan Sekolah Penerbang TNI AU tahun 2017. Kecelakaan akibat pesawat jatuh membuat Alan meninggalkan seorang istri dan anak yang masih balita. "Kejadian ini menyisakan duka yang sangat mendalam," ujar Indan.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menemui istri dan keluarga almarhum Kapten Penerbang (Anumerta) Allan Syafitra Indera Wahyudi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (19/7/2022) malam WIB. Hal itu setelah istri dan keluarga akan balik ke Madiun, Jatim, usia mengikuti pemakaman almarhum di Taman Makam Bahagia TNI AU, Jatisari, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Selasa siang WIB.

"“Turut berduka cita atas gugurnya Kapten Penerbang Allan dalam melaksanakan tugas Night Tactical Intercept. Semoga perjuangan dan amal ibadah almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin," ujar Prabowo didampingi Sekjen Kemenhan Marsdya Donny Ermawan Taufanto dan Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsdya Andyawan Martono Putra.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image