Wings Air Terbang dari Bandara Pondok Cabe Menuju Bandara Ngloram Cepu

Nasional  
Maskapai Wings Air terbang dari Bandara Pondok Cabe.
Maskapai Wings Air terbang dari Bandara Pondok Cabe.

TANGSEL -- Maskapai Wings Air dijadwalkan mulai terbang melalui Bandara Pondok Cabe (PCB) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten pada Jumat (5/8/2022), dengan tujuan Bandara Ngloram Cepu (CPF), Kabupaten Blora, Jawa Tengah (Jateng). Adapun frekuensi penerbangan pada tahap awal masih satu kali dalam sepekan, yaitu setiap Jumat.

Kabupaten berslogan 'Blora Mustika' tersebut secara administratif berada di ujung timur Jateng, berjarak sekitar 127 kilometer (km) sebelah timur Kota Semarang serta berbatasan langsung Jawa Timur (Jatim). Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro menuturkan, Kabupaten Blora terkenal sebagai penghasil kayu jati dan produk olahannya.

Selain itu, Blora juga penghasil minyak bumi paling utama di Pulau Jawa serta komoditas pertanian sub-sektor tanaman bahan makanan ubi kayu tergolong dengan keunggulan kompetitif. Menurut Danang, kebudayaan masyarakat lokal serta objek tujuan wisata menarik ada di daerah tersebut, seperti seni barongan, kulineran satai pincuk daun jati, Museum Mahameru (benda purbakala), dan lain-lain.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dia menerangkan, penerbangan penumpang berjadwal (regular flight) rute dan destinasi baru Pondok Cabe-Cepu Blora pergi pulang (PP) diharapkan dapat mempercepat aktivitas ekonomi dan mengakomodasi mobilisasi orang serta barang di Blora, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Grobogan (Kota Purwodadi), Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang, Jateng. Selain itu, dapat menjangkau Kabupaten Tuban, Ngawi, Jawa Timur dan sekitarnya.

"Layanan penerbangan terbaru dari Cepu Blora menawarkan alternatif baru bepergian menggunakan pesawat udara ke kota tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Tangerang Selatan dan wilayah lain di sekitar. Terkoneksi (dapat melanjutkan penerbangan di hari yang sama) menuju Lampung melalui Bandara Radin Inten II Bandar Lampung di Tanjung Karang (TKG)," kata Danang di Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Adapun jadwal penerbangan dari Pondok Cabe IW-1910 pada Jumat pukul 08.20 WIB-09.55 WIB, dan Bandara Cepu Blora pada Jumat pukul 10.15 WIB-11.50 WIB. Setelah itu, ada penerbangan lanjutan (connecting flight) Pondok Cabe ke Bandara Lampung setiap hari pukul 12.10 WIB-13.10 WIB, dan Bandara Lampung (TKG)-Pondok Cabe setiap hari pukul 07.00-08.00.

"Wings Air berupaya berkontribusi dalam perkembangan dan percepatan ekonomi Kabupaten Blora dan sekitar sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru sehingga optimis tren (dinamika) pasar akan terus tumbuh sejalan permintaan angkutan udara berjadwal," kata Danang.

Menurut dia, penerbangan pada rute Cepu Blora-Pondok Cabe-Cepu Blora diharapkan dapat mendukung kebutuhan masyarakat dalam bepergian menggunakan pesawat udara serta memperlancar pergerakan barang (logistik). "Dengan demikian konektivitas dari dan menuju wilayah Jawa Tengah bagian timur tercipta baik," kata Danang.

Wings Air juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat (regulator), pengelola Bandara Ngloram, pengelola Bandara Pondok Cabe, pengatur lalu lintas udara-AirNav Indonesia, pemerintah daerah, serta pihak terkait dalam mempersiapkan dan kontributif terhadap kelancaran perjalanan udara bagi penumpang. "Wings Air mengoperasikan pesawat ATR 72-600 dan ATR 72-500. ATR (Aerei da Trasporto Regionale atau Avions de transport régional) merupakan perusahaan pesawat terbang buatan Prancis-Italia," kata Danang.

Dia menerangkan, keunggulan pesawat ATR 72 didesain dengan daya angkut 72 kelas ekonomi, konfigurasi atau tata letak 2-2, serta kualitas udara segar (fresh) terus menerus dipasok dengan tingkat pembaruan volume udara kabin yang tinggi. "Sehingga siklus udara terjamin bersih. Udara di kabin akan selalu diperbaharui dalam waktu lima sampai dengan tujuh menit yang menjamin udara dalam kabin tetap segar," ucap Danang.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image