Dua Eks Ajudan Presiden Jokowi Promosi Berbarengan

Pertahanan  

JAKARTA -- Dua eks ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) promosi jabatan secara bersamaan. Pertama adalah Marsekal Muda (Marsda) Mohamad Tony Harjono. Kedua, yaitu Laksamana Pertama (Laksma) Hersan.

Tony yang sekarang menjadi Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Sesmilpres Kemensetneg) promosi menjadi Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Udata (Dankodiklatau). Tony menggantikan Marsekal Madya (Marsdya) Nanang Santoso, yang memasuki masa purnatugas. Dengan jabatan barunya maka penerbang Sukhoi tersebut akan menyandang pangkat bintang tiga.

Adapun posisi Sesmilpres bakal ditempati Laksma Hersan. Saat ini, Hersan menjabat Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). Dengan posisi barunya, Hersan akan mendapat tambahan satu bintang di pundak alias berpangkat Laksamana Muda (Laksda).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika Tony abiturien Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993 maka Hersan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1994. Tony menjadi perwira tinggi (pati) pertama di angkatannya yang meraih pangkat Marsdya atau bintang tiga. Pun dengan Hersan yang menjadi pati pertama di angkatannya yang mendapatkan pangkat Laksda atau bintang dua.

"Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor: Kep/558/VI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia," demikian surat mutasi yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Jakarta pada Senin (27/6/2022).

Baik Tony dan Hersan adalah dua ajudan Jokowi ketika eks gubernur DKI Jakarta tersebut dilantik menjadi RI 1 pada 20 Oktober 2022. Satu ajudan Jokowi lagi dari TNI AD adalah Mayor Jenderal (Mayjen) Widi Prasetijono, yang sekarang mengemban posisi Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro.

Adapun ajudan Jokowi yang dari Polri malah kariernya lebih dulu meroket. Dia adalah Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sekarang menjadi Kepala Polri. Selepas jadi ajudan RI 1, Listyo langsung menduduki jabatan Kepala Polda Banten (bintang satu), Kepala Divisi Propam Polri (bintang dua), Kepala Bareskrim (bintang tiga), dan Kapolri (bintang empat).

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image