Peringatan HUT ke-76, KSAU: TNI AU Semakin Dicintai Rakyat

Nasional  
KSAU Fadjar Prasetyo menyalami Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Sabtu (10/4/2022).
KSAU Fadjar Prasetyo menyalami Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Sabtu (10/4/2022).

YOGYAKARTA -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (9/4/2022). HUT TNI AU kali ini memiliki tema yang bertajuk 'Dengan Dilandasi Semangat Swa Bhuwana Paksa TNI Angkatan Udara, Siap Menjaga Keamanan Wilayah Udara dan Mendukung Program Pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Sosial'.

"Seiring dengan perjalanan bangsa, TNI AU telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin modern, dan semakin dicintai oleh rakyat. Semoga momentum hari ini dapat menjadi titik lepas tanda kita ke masa depan yang semakin baik," tutur Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Fadjar Prasetyo dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara HUT ke-76 TNI AU, Sabtu.

Dia menjelaskan, TNI AU wajib menggugah semangat dan rasa syukur atas kondisi bangsa Indonesia yang perlahan mulai pulih dari ujian pandemi Covid-19. Sehingga, seluruh keluarga besar TNI AU dapat kembali bersama mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 dengan tertib dan hikmat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain itu, TNI AU patut bersyukur karena mampu hadir mendukung pemerintah dalam penanggulangan bencana alam, program vaksinasi Covid-19, mobilisasi udara untuk bantuan sosial, dan evakuasi WNI dari Ukraina, d isamping itu TNI AU juga mengharumkan nama bangsa.

Fadjar mengatakan, bangsa ini membutuhkan kehadiran keluarga besar TNI AU untuk saling bergotong-royong dengan dilandasi jiwa kedisiplinan yang inspiratif. Dengan begitu, dengan momentum HUT TNI AU pada tahun ini dapat menjadi titik lepas landas matra udara untuk menuju masa depan yang semakin baik.

"Saya yakin setiap personil TNI AU mampu menjadi suri teladan yang baik bagi masyarakat, dengan demikian TNI AU dapat turut berperan dalam mendukung program pemerintah dan memulihkan perekonomian nasional seraya menjaga keamanan udara wilayah Tanah Air yang kita cintai," katanya.

Fadjar juga berpesan kepada seluruh perwira, bintara, tamtama dan PNS TNI AU di mana pun berada agar memperkokoh keimanan dan ketakwaan sebagai pondasi utama dalam setiap darma bakti kepada Tanah Air. Kemudian, meningkatkan disiplin pribadi sehingga dapat menjadi inspirasi bagi lingkungan sekitar, sekaligus berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional.

Pesan berikutnya, terus memelihara budaya keselamatan dengan menjalani prosedur dalam setiap kegiatan dan misi operasi secara cermat dan seksama. Fadjar juga mengajak semua pihak menjaga kehormatan diri keluarga dan pelihara kebersamaan keluarga sebagai motivasi sekaligus penyemangat kerja dalam setiap penugasan. "Terakhir, untuk senantiasa memberi pengabdian terbaik sebagai wujud rasa cinta kepada Tanah Air, bangsa dan negara," ucap Fadjar.

Upacara HUT ke-76 TNI AU juga dimeriahkan dengan demo fly pass pesawat Grob Flight, tim aerobatik The Jupiters, T-50i Golden Eagle dan F-16 Fighting Falcon, serta penampilan para kadet AAU, yang disaksikan tamu undangan keluarga besar TNI AU. Turut hadir juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, yang ikut memberikan wejangan, gamelan, dan juga ratusan bibit pohon kepada TNI AU.

Sebagai penutup, Fadjar menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada gubernur DIY. Nantinya, bibit pohon gayam, sawo kecik, kepel, jambu dersono yang masing-masing 100 bibit tanaman itu ditanam di lingkungan pendidikan di TNI AU, tidak hanya di AAU. (Kurnia Aditama/my33)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Eagle flies alone...

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image