Ketua OJK Resmikan Bank Wakaf Mikro Astra di Banda Aceh

Ekonomi  

BANDA ACEH -- PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), yang merupakan bagian dari lini bisnis jasa keuangan Astra Financial, meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Babul Maghfirah di Banda Aceh, Provinsi Aceh. Peresmian BWM tersebut dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso yang didampingi Deputi Komisioner Humas dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo dan Kepala OJK Aceh Yusri.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang diadakan OJK pada 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan Indonesia sebesar 38,03 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19 persen. Persentase tersebut menunjukkan, sebagian besar masyarakat Indonesia belum memahami dengan baik produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal.

Hadirnya BMW sebagai wujud dukungan terhadap peningkatan inklusi keuangan masyarakat. BWM di Banda Aceh merupakan yang ke-9 dari 10 BWM yang telah didirikan Astra bersama unit bisnis Astra Financial.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah menjelaskan, tujuan dibentuknya BWM adalah agar masyarakat kecil dapat mengakses layanan keuangan terutama dalam hal pembiayaan. Terlebih, sambung dia, masih banyak masyarakat di berbagai daerah yang belum memiliki akses ke layanan keuangan formal. Hal itu sekaligus wujud Astra untuk mendukung inklusi keuangan masyarakat terutama dalam keuangan syariah.

"Astra senantiasa menjalankan berbagai kontribusi sosial berkelanjutan untuk memajukan kualitas bangsa. Melalui lini bisnis jasa keuangan, Astra Financial, program Bank Wakaf Mikro diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren di seluruh Indonesia," kata Riza dalam siaran di Jakarta, Sabtu (9/4/2022).

Bank Wakaf Mikro di Banda Aceh ini merupakan BWM ketiga yang diresmikan dan mendapat dukungan dari Asuransi Astra. Sebelumnya, Asuransi Astra telah memberikan dukungan untuk BWM di Pondok Pesantren (Ponpes) As'Ad Kota Jambi dan Bank Wakaf Mikro Ahmad Taqiuddin Mansur (Atqia) di Ponpes Al Manshuriyyah Ta'limusshibiyan Kabupaten Lombok Tengah.

Chief Compliance and Risk Management Officer Asuransi Astra, Adi Sepiarso, mengatakan, pendirian BWM merupakan salah satu bentuk kontribusi Asuransi Astra untuk mewujudkan cita-cita Astra, yaitu 'Sejahtera Bersama Bangsa'. Hal itu juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan komitmen Asuransi Astra dalam hal tanggung jawab sosial yang berkesinambungan, khususnya pemberdayaan kepada masyarakat di sekitar ponpes.

"Astra dan Asuransi Astra menyambut baik peresmian ini serta mendukung pengembangan dan BWM yang diprakarsai oleh OJK. Kami berharap, BWM Babul Maghfirah dapat memberikan manfaat yang baik bagi warga pesantren dan sekitarnya," ucap Adi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Eagle flies alone...

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image