Ramai Israel Terima Kasih Diundang DPR dalam Sidang Parlemen Dunia ke-144 di Bali

Nasional  
Bendera Israel terpasang di arena 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meetings di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada 20-24 Maret 2022.
Bendera Israel terpasang di arena 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meetings di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada 20-24 Maret 2022.

JAKARTA -- Seorang aktivis media sosial dan pemilik yayasan yang terkait dengan Israel, Avi Kaner membagikan foto bendera Israel terpajang di arena 144th Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly and Related Meetings di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali pada 20-24 Maret 2022. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mewakili Indonesia menjadi tuan rumah pertemun 132 negara, yang mana 33 ketua parlemen dan 35 wakil ketua parlemen hadir dalam perhelatan tersebut.

Yang mengagetkan adalah terpasangnya bendera Israel di arena IPU. Tidak dijelaskan apakah ada delegasi resmi perlemen Israel di pertemuan tersebut. Hanya saja, ia membagikan foto dua perwakilan Israel memegang benderanya didampingi petugas lokal yang memakai baju adat Bali.

"Terima kasih Indonesia atas sambutan hangat delegasi Israel ke konferensi International Parliamentary Union di Bali," katanya melalui akun Twitter, @AviKaner dikutip di Jakarta, Rabu (23/3/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Status tersebut mendapat perhatian ratusan akun yang ramai berkomentar pro kontra terkait kehadiran Israel di Pertemuan IPU ke-144. Yang kontra beranggapan, Israel adalah negara yang menduduki tanah milik warga Palestina. Sebagai penjajah, Israel tidak layak diakui. Kalau pun mau membuka hubungan dengan Indonesia maka Israel harus menyelesaikan masalah dengan Palestina.

Ada pula akun yang setuju Indonesia membuka hubungan dengan Israel demi kepentingan pragmatis. Di antaranya, Israel menjual iron dome ke Indonesia dan membuka perdagangan agar jalinan diplomasi antara Indonesia dan negeri Zionis bisa dimulai.

Sebelumnya, Presiden IPU Duarte Pacheco dan Sekjen IPU Martin Chungong memuji DPR yang sukses menjadi tuan rumah forum parlemen dunia tersebut. Sekretaris Jenderal IPU Martin Chungong mengatakan, pentingnya peran perempuan dalam pembangunan dunia, termasuk melalui parlemen. "Kepemimpinan Puan Maharani di penyelanggaraan IPU sekarang menjadi simbol kepemimpinan dunia," ucap Martin di lokasi perhelatan IPU ke-144, Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Sabtu (19/3/2022).

Mendapat apresiasi dari Presiden IPU, Ketua DPR Puan Maharani mengatakan, hal tersebut merupakan akumulasi dari kerja bersama yang didasarkan pada nilai-nilai gotong royong sebagai bagian dari budaya bangsa Indonesia. Dia berharap, penilaian positif dari pimpinan IPU tak hanya menjadi penyemangat untuk Indonesia sebagai tuan rumah. "Tetapi juga menjadi awal kebangkitan ekonomi dan pemulihan pariwisata Tanah Air yang sempat mati suri akibat pandemi Covid-19," kata ketua DPR perempuan pertama ini.

Thank you Indonesia ???????? for the warm welcome for Israel’s ???????? delegation to the International Parliamentary Union conference in Bali. pic.twitter.com/VLfbQrx5sU— Avi Kaner ابراهيم אבי (@AviKaner) March 22, 2022

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image