Andi Minta Lemhannas Buat Kajian yang Sesuai Kebutuhan Presiden

Umum  
Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto disambut Wagub Lemhannas Wieko Syofyan dan Sestama Lemhannas Komjen Purwadi Arianto.
Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto disambut Wagub Lemhannas Wieko Syofyan dan Sestama Lemhannas Komjen Purwadi Arianto.

JAKARTA -- Andi Widjajanto menghadiri penyerahan memorandum gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Ruang Nusantara II Gedung Trigatra Lemhannas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, (21/2/2022). Memorandum akhir jabatan gubernur Lemhannas periode 2016-2022 diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Lemhannas Marsdya TNI Wieko Syofyan kepada Andi, yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Andi dilantik sebagai gubernur ke-17 Lemhannas menggantikan Letjen (Purn) Agus Widjojo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin. Adapun Agus menyerahkan jabatan gubernur Lemhannas kepada Wieko pada 13 Januari 2022. Wieko secara definitif menjabat wakil gubernur (wagub) Lemhannas.

Dalam paparannya, Andi yang ingin melakukan transformasi di Lemhannas agar keberadaan lembaga tersebut semakin relevan dengan tantangan yang dihadapi Indonesia menuju 2045. "Transformasi yang perlu dilakukan adalah meningkatkan benchmark, sehingga sasaran pencapaian Lemhannas RI akan jauh lebih tinggi," kata sekretaris kabinet (seskab) periode 2014-2015 tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Andi pun menyampaikan arahan Presiden Jokowi terkait pengembangan Lemhannas, antara lain dalam aspek kajian strategis, pendidikan pimpinan tingkat nasional, laboratorium pengukuran ketahanan nasional, ketahanan pangan, dan juga kajian ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

“Presiden meminta tetap melanjutkan program yang telah rutin diadakan oleh Lemhannas RI. Presiden (juga) meminta Lemhannas dapat melakukan terobosan metodologi, sehingga yang kita lakukan sesuai dengan perkembangan terkini, terutama metodologi,” ucap Andi.

Pada aspek kajian strategis, kata dia, Lemhannas harus dapat menyajikan kajian yang sesuai dengan kebutuhan RI 1. “Kajian Lemhannas RI user-nya tunggal, yaitu presiden. Untuk itu, Lemhannas RI perlu membuat kajian yang menyesuaikan dengan kebutuhan presiden,” tutur Andi.

Pada aspek pendidikan, sambung dia, Lemhannas diharapkan dapat memberikan pendidikan dengan kualitas global. Jangan sampai apa yang dilakukan hari ini sama seperti tahun 2000-an tanpa melihat kemajuan di bidang pedagogi pendidikan. “Kita harus mencari benchmark di tingkat global untuk institusi yang serupa kita, yang tujuannya untuk mencetak pemimpin nasional,” kata Andi.

Wagub Lemhannas, Marsdya Wieko Syofyan mewakili keluarga besar Lemhannas mengucapkan selamat atas pelantikan gubernur yang baru. "Kami percaya, di bawah kepemimpinan Bapak Andi Widjajanto, Lemhannas RI dapat menjadi lembaga pemerintahan yang lebih baik dalam mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh," ucap Wieko.

Penyerahan memorandum gubernur Lemhannas dilaksanakan secara hibrid, dengan dihadiri secara luring wagub, Sekretaris Utama Komjen Purwadi Arianto, dan pejabat Lemhannas lainnya secara daring.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image